Selasa, 10 Desember 2019

Keuntungan Bagi Pendana dan Peminjam P2P Lending

Doeku, davestpay, danausaha, pinjamuang, butuhdana, aplikasipinjamuang, danadadakan, butuhuang, fintech, technology, p2p, lending

Peer to peer lending alias P2PL adalah penyelenggara layanan jasa keuangan dengan mekanisme mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman untuk melakukan perjanjian pinjam meminjam lewat sistem elektronik (SE) dengan memanfaatkan jaringan internet.

Di Indonesia sendiri, P2PL semakin diminati masyarakat sebab kemudahan dan jangkauannya yang luas. Bukan hanya itu, tampak juga dari banyaknya perusahaan P2PL yang mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satu fintech yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan adalah DOEKU.

DOEKU adalah anak perusahaan dari PT Hensel Davest Indonesia, Tbk (HDIT). Perusahaan fintech terintegrasi asal Indonesia Timur ini, ingin menjangkau masyarakat dengan pemberian bantuan modal usaha agar semakin berkembang.

Bank Indonesia (BI) dan OJK mengungkapkan bahwa perusahaan fintech yang bergerak pada bidang P2PL berkontribusi nyata dalam meningkatkan inklusi keuangan. Bukan hanya itu, mereka pun bisa menjangkau kalangan yang selama ini tak dapat dilakukan oleh perbankan. Maka dari itu dengan adanya DOEKU, maka akan sangat membantu para UKM untuk mengembangkan usahanya ke arah yang lebih mapan.

Lantas apa saja keuntungan yang akan diperoleh saat menggunakan P2PL bagi pendana ataupun peminjam? Berikut ini ulasannya:

Pendana

Investasi pada P2PL bagi pendana sangat menjanjikan. Sebab, pendana akan memperoleh keuntungan pengembalian dana yang cepat. Bukan hanya itu, investasi di P2PL mempunyai risiko yang lebih rendah karena ketidakmampuan peminjam untuk membayar pinjaman. Sebab sebelum diberikan pinjaman, para peminjam harus melewati verifikasi serta skoring kelayakan memperoleh pinjaman. Pendana pun tak terikat untuk memberikan pinjaman secara terus-menerus. Fleksibilitas yang diberikan yakni pendana bisa memberikan pinjaman dalam beberapa bulan atau beberapa tahun berdasarkan kemauan pendana tersebut. Hal itu membuat pendana bisa menarik uang yang diinvestasikan kapanpun.

Peminjam

Keuntungan yang dirasakan pertama kali yakni tak pusing adanya agunan atau jaminan saat meminjam dana. Pasti hal itu tak berlaku apabila peminjam melakukan pinjaman ke pihak perbankan. Bukan hanya itu, syarat peminjaman dana pun lebih fleksibel. Misalnya DOEKU yang hanya memberikan syarat seperti data diri umum, foto diri peminjam, NPWP, dan lainnya. Dengan pencairan yang mudah dan cepat, DOEKU pun memberikan keuntungan suku bunga yang lebih kompetitif dengan biaya yang terjangkau. DOEKU tak memberantkan  para peminjam, sebab dana pinjaman akan disalurkan dalam bentuk saldo DavestPay. Artinya dana hanya akan digunakan untuk pengembangan usaha berupa layanan pembelian dan pembayaran online dengan keuntungan hingga Rp 10 juta/bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sosialisasi DOEKU Berlangsung Hari Ini di Kab GOWA Sulawesi-Selatan

Hari ini Jum’at tepatnya tanggal 31 Januari 2020, berlokasi pada Planet Beckham 18 Jl Poros Palangga Kab Gowa, Tim DOEKU melakukan aca...